top of page
Search

Jakarta Kizuna Ekiden 2019

Welcoming Party & Press Conference Jakarta Kizuna Ekiden 2019

Fairmont Hotel, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat

Sabtu, 14 September 2019


Dadang Solihin

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata



Selamat siang, salam sejahtera untuk semuanya,


Yang Mulia Duta Besar Jepang untuk Indonesia.


Yth.

- Executive Director of the Mainichi Shimbun;

- Pimpinan Redaksi Kompas, Ibu Ninuk Mardiana Pambudy;

- Masyarakat Jepang di Jakarta;

- Para undangan dan hadirin yang berbahagia.


Pada kesempatan pertama, saya ucapkan selamat datang di Jakarta kepada Executive Director of the Mainichi Shimbun beserta rombongan dari Jepang.


Merupakan kehormatan Kota Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan Jakarta - KIZUNA- EKIDEN (Long-distance relay race) 2019, yang dilaksanakan atas kerjasama Kompas Gramedia Group bersama Mainichi Newspaper Shimbun, dan telah berlangsung sejak tahun 2014.


Saya menyambut baik penyelenggaraan Jakarta-KIZUNA-EKIDEN (Long-distance relay race) Tahun 2019, yang ditujukan untuk memperkuat jalinan persahabtan, antara warga Indonesia dan warga Jepang yang berada di Indonesia, terutama para pekerja Indonesia dan pekerja Jepang yang bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia.


Selain itu, juga untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Jepang kepada warga Indonesia.


Jakarta Kizuna Ekiden merupakan lomba lari dengan sistim estafet yang diikuti setiap tim, dalam satu tim terdiri sekurang-kurangnya satu orang peserta berkebangsaan Jepang atau Indonesia. Hal ini, yang perlu kita tunjukan semangat kebersamaan dan kerjasama dalam setiap Tim Estafet.


EKIDEN adalah olahraga yang memiliki nilai “KIZUNA”, yaitu hubungan antar manusia (people's bonds)" dan olahraga ini berbasis budaya Jepang yang mencirikan seseorang yang berkontribusi terhadap suatu organisasi.


Pada prinsipnya “Jakarta-KIZUNA-EKIDEN” adalah media pertemuan yang terdiri dari tim perpaduan antara masyarakat Jepang-Indonesia. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk semakin mempererat hubungan kedua bangsa Indonesia dan Jepang, karena itu, dinamakan “Jakarta-KIZUNA- EKIDEN”.


Saya berharap, Jakarta Kizuna Ekiden mendapat sambutan hangat warga Kota Jakarta. Lari Estafet yang menjadi model olahraga di Jepang yang akan digelar di Jakarta pada hari Minggu, 15 September 2019, merupakan olahraga yang cukup populer karena menjunjung salah satu nilai budaya Jepang yaitu kerjasama dalam satu Tim. Nilai-nilai budaya yang terkandung dalam bentuk Lari Estafet ini yang ingin ditularkan kepada masyarakat Indonesia.


Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan terima kasih, apresiasi dan dukungan atas kerja keras seluruh pihak sehingga penyelenggaraan acara “Jakarta-KIZUNA-EKIDEN 2019” hari Minggu, 15 September 2019, berjalan sukses, semarak dan lancar.


Selamat berolahraga, dalam suasana keakraban,

Terima kasih.

21 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page