top of page
Search

Soft Launching Aplikasi Online Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus)


Dadang Solihin


Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta

Terminal Terpadu Pulo Gebang-Jakarta Timur, Rabu, 28 Oktober 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk semua.

Yth.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Bapak Ahmad Yani;

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Dr. Syafrin Liputo;

Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Badan Pengelola Transportasi Jabotabek Kementerian Perhubungan RI, Bapak Toni Tauladan;

Para Mitra Aplikasi JaketBus Online;

Para Pimpinan Perusahaan Otobus AKAP;

Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang, Para Pengemudi Bus dan hadirin yang saya hormati.

Alhamdulilah, hari ini atas izin dan ridho Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda suatu terobosan kita saksikan dalam layanan transportasi di era digital kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi melalui Peluncuran Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus).

Saya menyambut posistif inovasi perubahan ke arah lebih baik pada sektor layanan transportasi. Sudah selayaknyalah Jakarta sebagai tujuan destinasi wisata global memiliki sistem integrasi ticketing yang makin mempermudah pengguna transportasi massal. Untuk itulah, hari ini diluncurkan layanan Jakarta Electronic Ticketing Bus di Terminal Terpadu Pulogebang yang telah mengintegrasikan antar moda transportasi massal (Bus AKAP, Transjakarta, Angkot/JakLingko).

Inovasi ini bertujuan selain memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan transportasi juga untuk meminimalkan biaya operasi, mengoptimalkan dan meningkatkan layanan penumpang, serta meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam operasi bus AKAP.

Sebagai pilot project, sistem Jakarta Electronic Ticketing Bus hari ini diterapkan di Terminal Terpadu Tipe A Pulo Gebang Jakarta Timur. Strategi dan penerapan tiket secara elektronik pada pelayanan angkutan orang Antar Kota Antar Provinsi terdiri dari, diantaranya :

  • Pertama, membuat Sistem Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus, untuk mempermudah pelaku perjalanan dalam memperoleh informasi harga tiket dan jadwal bus secara aktual dan transparan, menggunakan sistem cashless, artinya semua transaksi menggunakan uang elektronik.

  • Kedua, mengintegrasikan sistem penjualan online dan/atau mempergunakan Jakarta Electronic Ticketing Bus sebagai sistem penjualan tiket secara online.

  • Ketiga, merubah fungsi dari agen penjualan tiket menjadi tempat check-in dan tempat menunggu penumpang sebelum masuk ke dalam ruang pemberangkatan.

Diharapkan target implementasi Sistem Aplikasi Tiket Elektronik secara online melalui Jakarta Electronic Ticketing Bus, dapat terlaksana pada tanggal 10 Desember 2020, sekaligus mengantisipasi tingginya penggunaan bus AKAP pada masa libur panjang pada akhir tahun.

Untuk kenyamanan dan mempercepat masyarakat pengguna angkutan bus mengetahui dan memahami nilai manfaat aplikasi ini, kami berharap para pimpinan Perusahaan Angkutan Orang yang memiliki trayek Antar Kota Antar Provinsi dengan asal-tujuan maupun lintasan menuju lintasan, sebagai mitra strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dapat mengambil peran dalam mensosialisakan aplikasi ini secara luas kepada masyarakat.

Kepada masyarakat saya sampaikan, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas di Terminal Pulo Gebang, yang siap menjawab pertanyaan dan memberikan penjelasan tentang aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus.

Perlu saya sampaikan, sebagai dasar hukum dan acuan pelaksanaan sistem Jakarta Electronic Ticketing Bus, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyusun Peraturan Gubernur tentang Penyelenggaraan layanan program ini sebagai sistem tiket eklektronik online terpadu.

Selanjutnya saya harapkan, di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung ini, seluruh lapisan masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan terutama dalam bepergian dan menggunakan angkutan umum yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrohmanirohim, pada hari ini Rabu tanggal 28 Oktober 2020 jam 11.45 WIB Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) secara resmi saya luncurkan. Semoga Alloh Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk-Nya. Aamiin YRA. Wabilahi Taufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh


32 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page