top of page
Search

Wonderful Indonesia Culinary Shopping Festival 2019

Main Atrium – Pluit Village Jumat, 27 September 2019

Dadang Solihin

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Salam sejahtera.


Yth.

- Menteri Pariwisata RI atau yang mewakili;

- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (DPP APPBI);

- Para peserta dan pendukung acara Wonderful Indonesia Culinary Shopping Festival;

- Hadirin dan undangan yang saya hormati.


Alhamdulillah, puji syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini kita dapat hadir pada acara Pembukaan Wonderful Indonesia Culinary Shopping Festival 2019, sebuah festival untuk merayakan kekayaan kuliner tradisi Indonesia, menampilkan ragam kebudayaan Indonesia sekaligus memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal mengenalkan produk mereka dan meningkatkan nilai transaksi ekonomi.


Pada kesempatan yang berbahagia ini, mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, saya ingin menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang telah menunjuk Kota Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara Wonderful Indonesia Culinary Shopping Festival (WICSF) 2019, yang telah menjadi bagian dari Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata RI. Sebuah kebanggan bagi kami selaku Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bisa menyambut para pelaku usaha dan perwakilan pemerintah daerah lain dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi menggairahkan sektor pariwisata Indonesia.


Ajang WICSF 2019 tentu memiliki peran strategis bagi para penggiat pariwisata dan pengusaha lokal, terutama pengusaha UMKM untuk mempromosikan potensi produk mereka, mulai dari kuliner, fashion hingga produk kerajinan agar lebih dikenal dan dikonsumsi oleh beragam masyarakat yang bermukim di Jakarta.


Para hadirin dan undangan yang berbahagia,

Jakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata belanja, bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan jumlah penduduk mencapai 10,3 juta jiwa dan pertumbuhan perekonomian DKI Jakarta sebesar 6,17 persen, Jakarta adalah ‘pasar yang menjanjikan’ bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya. Dan industri kuliner serta fashion menjadi salah satu sektor strategis yang menghasilkan keuntungan sekaligus penghasil devisa bagi negara.


Pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan dari sektor industri makanan dan fashion tampak sejalan beriringan dengan kemunculan para pengusaha baru yang merintis kesuksesan mereka melalui keikutsertaan pada berbagai festival. Penyelenggaraan WICSF 2019 tentu bermanfaat sebagai ajang untuk memperkenalkan sekaligus menawarkan ragam produk makanan tradisional dan kontemporer yang inovatif serta karya fashion dari para desainer lokal yang tengah membangun dan membesarkan brand mereka.

Dengan adanya penyelenggaraan WICSF 2019 semakin memperkuat posisi, peran dan citra


Jakarta sebagai ”kota wisata belanja modern bertaraf internasional”. Kegiatan ini diharapkan mampu meyakinkan masyarakat bahwa barang/jasa yang dipasarkan memiliki kualitas terbaik namun dijual dengan harga yang kompetitif, sehingga konsumen tertarik dan sekaligus untuk mengurangi minat masyarakat belanja ke luar negeri.


Semoga penyelenggaraan Wonderful Indonesia Culinary Shopping Festival 2019 menjadi ruang temu produk dan karya para penggiat usaha lokal yang akan menginspirasi masyarakat untuk senantiasa mengonsumsi produk dalam negeri sekaligus turut berkontribusi pada perekonomian negeri. Kepada seluruh warga Kota Jakarta dan para pengunjung, saya ucapkan selamat merasakan sensasi pengalaman belanja dan menikmati petualangan rasa ragam kuliner tradisi yang tersaji dalam WICSF 2019.


Terima kasih,


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page